Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Ketimbang Pria

Jakarta--Studi menunjukkan bahwa wanita dapat hidup lebih lama ketimbang pria. Hal ini dikarenakan dukungan dari sistem kekebalan tubuh wanita yang ternyata lebih lama menua.

Kekebalan tubuh yang melemah dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kerentanan terhadap penyakit dan memperpendek rentang hidup seseorang, kata para ilmuwan Jepang.
Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Ketimbang Pria


Prof Katsuiku Hirokawa dari Medical Tokyo dan Gigi University dan rekan menganalisis sampel darah dari 356 pria dan wanita sehat berusia antara 20 dan 90. Mereka mengukur kadar sel darah putih dan molekul yang disebut sitokin yang berinteraksi dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk mengatur respon tubuh terhadap penyakit. Pada kedua jenis kelamin, dijumpai bahwa jumlah sel darah putih per orang menurun seiring dengan pertambahan usia.

Namun, pemeriksaan lebih dekat menunjukkan perbedaan antara pria dan wanita dalam dua komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh yaitu pada sel yang melindungi tubuh dari infeksi dan sel yang yang menghasilkan antibodi.

Salah satu rahasia mengapa wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik juga karena hormon yang dimiliki wanita, estrogen. Penelitian yang dilakukan McGill University pun menunjukkan bahwa hormon tersebut dapat melawan infeksi akibat bakteri atau virus.

Sebuah penelitian dari New England Centenarian juga menunjukkan bahwa populasi dunia pada orang-orang yang bisa mencapai usia lebih dari 100 tahun, 85% di antaranya adalah wanita. Secara umum, rata-rata wanita berusia lebih panjang dibandingkan pria, sekitar 5-10 tahun.

Harapan hidup di Inggris adalah 79 tahun untuk pria dan 82 untuk wanita. Sedangkan Di Jepang, kesenjangan yang lebih luas, dengan perempuan yang hidup dengan rata-rata 85,5 tahun keatas.

source: http://www.tempo.co/read/news/2013/05/16/060480763/Mengapa-Wanita-Lebih-Panjang-Umur-Ketimbang-Pria