Mencegah dan Mengatasi Virus di Android

Perlu diketahui bersama bahwa aplikasi Android yang banyak tersedia dan ditawarkan di Android Store saat ini tidak semua yang bebas dari virus berbahaya, yang mana virus ini bersifat merusak dan nerugikan disemua sistem operasi saat ini. Ada banyak motif para cyber menanamkan malware tersebut di aplikasi android, diantaranya adalah untuk mencuri data Smarphone kita, dan juga untuk mengirim sms Premium untuk menyedot pulsa kita, dll.


Semua itu bisa saja terjadi dan menimpa kita semua, tetapi jangan khawatir, kali ini akan berbagi  
Cara Mencegah dan Mengatasi Virus di Android.
hal-hal yang harus kita lakukan adalah sebagi berikut:
Memasang Anti Virus
Meskipun cara ini dianggap oleh sebagian orang tidak efektif dan tidak berpengaru, namun apa salahnya jika anda mencoba cara ini, lengkapi smartphone anda dengan sistem keamanan yang memadai. Sekarang sudah banyak pengembang Anti Virus yang menawarkan produk gratis dan lumanya untuk mencegah virus ke android kita.
Cek Rating dan Reputasi Aplikasi
para cyber saat ini sudah semakin cerdas, aplikasi aslipun bisa mereka injeksi dengan malware. Maka dari itu penting sekali buat kita untuk mengecek Rating suatu aplikasi yang akan kita pasang, dengan Rating yang tinggi berarti berarti aplikasi tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang, maka semakin tinggi ratingnya maka semakin bagus.
Cek Review atau ulasan di internet
Sebelum aplikasi diinstall anda sebaiknya mengecek review di internet, karena dari sini anda dapat melihat testimoni dari orang yang sudah menggunakan aplikasi tersebut, kita dapat melihat bahwa aplikasi tersebut benar-benar terpecaya, asli dan tidak berbahaya atau malah sebaliknya.
Cek App Permisssion
Sebelum diinstal, aplikasi akan meminta hak akses (permission) ke hardware dan software perangkat Anda, seperti daftar kontak, lokasi, koneksi internet, dan sebagainya.
Download dari aplikasi  situs yang terkenal dan terpercaya.
selain itu untuk menghilangkan kekhawatiran adanya virus di perangkat Android kita, kita harus menerapkan Cara Mencegah dan Mengatasi Virus di Android diatas, tapi ada yang pertama yang harus kita lakukan adalah jangan sembarang menginstall aplikasi yang kita tidak tahu darimana asalnya. Kemudian tidak selalu membuka root, karena sebenarnya adanya privilege root di Android salah satunya adalah untuk menangkal kode-kode jahat dari aplikasi bisa mengakses resource utama dari Android. Dan juga kalau memungkinkan untuk kita maka gunakan versi Android terbaru, misalnya Jelly Bean yang dilaporkan mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi dan lebih baik, karena Jelly Bean mengimplementasikan keamanan berbasis Address Space Layout Randomization (ASLR). Hacker dan malware pun jadi sulit mengeksploitasi kelemahan memory corruption karena memory mapping untuk sistem operasi mengalami pengacakan.
Seperti yang saya katakan sebelumnya tadi Virus bersifat merusak dan merugikan untuk semua sistem operasi. Banya sekali motif yang menjadi alasan munculnya sebuah virus, apalagi di sistem Android yang kian populer saat ini. Virus dari segi sudut pandang bisnis bagi orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya mau utung sendiri saat ini telah menjadi industri yang tidak kecil nilainya.Oleh karena itu muncul kecurigaan bahwa Virus ini sengaja dibuat demi keuntungan satu pihak dengan motif ekonomi yang sangat menikmati keuntungan dengan adanya virus ini, jadi intinya kita harus hati-hati dengan semua itu.
 
source: http://aratzcastro.blogspot.com/2014/04/mencegah-dan-mengatasi-virus-di-android.html