Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan cepat merupakan cara membasmi kutu rambut dan telurnya yang paling efektif karena cara ini sangat mudah dilakukan. Masalah rambut memang tidak sedikit, selain kesehatan rambut itu sendiri ternyata masih ada satu lagi masalah yang mungkin dialami banyak orang. Masalah tersebut yakni kutu rambut, yah benar sekali, kutu jenis ini memang sangat menjengkelkan bagi siapapun yang menjadi sasarannya. Pasalnya kutu rambut ini hidup dan berkembang biak dikepala dan rambut kita. Akibatnya kepala kita akan merasa gatal dan kesehatan kulit kepala jadi terganggu. Jadi bagi anda yang mempunyai rambut berkilau, hitam, panjang, serta telihat cantik, anda tidak perlu bangga karena belum tentu rambut anda terbebas dari kutu rambut tersebut. Hewan yang satu ini tidak pandang bulu, siapa saja dapat menjadi sasaran. Namun kebanyakan kutu rambut menyerang anak-anak, karena kebanyakan anak-anak kurang merawat kesehatan dan kebersihan rambutnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut


Nah sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan cepat mungkin ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu seputar hewan yang satu ini. Kutu rambut atau kutu kepala adalah hewan sejenis parasit yang menghisap darah. Umumnya tempat berkembang biak dan bersarangnya hewan ini ada pada rambut atau kepala kita. Tahukah anda, satu ekor kutu betina ternyata dapat bertelur sebanyak enam butir dalam sehari. Dan telur-telur tersebut akan menetas setelah kurang lebih seminggu. Bayangkan saja jika ada puluhan ekor kutu rambut betina berkembang biak pada rambut anda, tentu saja dapat mengakibatkan rasa gatal yang dahsyat.

Bagi anda yang mempunyai kutu rambut, anda tidak dapat menghilangkannya begitu saja dengan mudah karena telur-telur tersebut melekat dengan kuat pada rambut kepala, sehingga anda memerlukan cara khusus untuk menghilangkannya. Kalau pada dulu kala orang selalu menghilangkan kutu dan telurnya dengan bantuan orang lain, kini anda dapat menggunakan cara yang lebih mudah dan ampuh membasmi kutu rambut dan telurnya. Cara tersebut yakni menggunakan berbagai bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, kapur, air cuka, dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa tanda-tanda adanya kutu rambut dikepala kita yakni sebagai berikut :
  • Kulit kepala akan terasa gatal, rasa gatal ini disebabkan oleh kandungan zat yang ada dalam air liur kutu rambut.
  • Akan muncul tanda-tanda kemerahan seperti iritasi pada kepala, belakang telinga, dan leher. Namun tidak banyak orang yang mengalami tanda-tanda ini.
  • Terdapat telur-telur kutu rambut yang berukuran kecil menempel pada rambut, jika dilihat telur ini seperti ketombe, namun bedanya susah dihilangkan karena telur ini menempel dengan kuat pada rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami
1. Minyak kelapa
Caranya yakni dengan membalurkan atau mengoleskan minyak kelapa pada pangkal hingga ujung rambut, setelah itu tutup rambut anda dengan menggunakan plastik topi mandi atau shower-cap. Diamkan selama kurang lebih 6 jam lalu bersihkan rambut anda dengan keramas seperti biasa. Anda dapat melakukan cara ini pada pagi atau malam hari. Namun sebaiknya lakukan saja pada malam hari agar tidak mengganggu aktifitas, jika anda melakukan cara ini pada malam hari maka lakukan sebelum tidur dan biarkan sampai pagi, setelah bangun baru keramas.

2. Bawang merah
Caranya yakni dengan menghaluskan 5 siung bawang merah kemudian balurkan pada pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu lakukan pemijatan secara perlahan agar bawang merah ini dapat merata dirambut anda. Langkah selanjutnya yakni diamkan selama 1-1,5 jam saja, dan langkah terakhir yakni keramas untuk membersihkan serta menghilangkan bau bawang merah.

3. Cuka putih
Caranya yakni dengan mengoleskan cuka putih pada pangkal hingga ujung rambut, setelah itu diamkan selama kurang lebih 2 jam saja dan bersihkan rambut anda dengan membilas menggunakan air atau keramas dengan shampo. Bahan alami ini bermanfaat untuk menggagalkan penetasan telur dan melepaskannya dari rambut kepala anda.

4. Minyak kayu putih + jeruk nipis
Caranya yakni campurkan 4 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan air jeruk nipis, aduk hingga rata kemudian balurkan campuran ini pada rambut dan kulit kepala anda secara merata. Biarkan selama kurang lebih 2 jam saja lalu bilas rambut sampai bersih, anda juga dapat keramas agar lebih bersih.

5. Sisir rambut
Setelah anda melakukan cara diatas ada baiknya anda menggunakan sisir rambut untuk memastikan tidak ada lagi kutu rambut yang tersisa. Namun pastikan menggunakan sisir yang rapat agar lebih maksimal. Oya, bagi anda yang mempunyai rambut kering dan kusut sebaiknya jangan menggunakan cara ini agar rambut anda tidak rusak. Sebaiknya baca terlebih dulu informasi ini : Cara mengatasi rambut kering.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe

Tips agar terhindar dari kutu rambut
Nah bagi anda yang belum mempunyai kutu rambut maupun yang sudah menghilangkannya sebaiknya baca tips berikut ini agar terhindar dari kutu rambut.
  1. Apabila ada orang lain yang mempunyai kutu rambut sebaiknya jangan tidur bersama orang tersebut karena kutu rambut dapat menyerang anda juga.
  2. Periksa rambut kepala keluarga anda terutama anak anda, karena anak-anak lebih rentan terserang kutu rambut. Apabila ada anggota keluarga yang mempunyai kutu rambut sebaiknya segera diatasi dengan cara diatas.
  3. Jangan berbagi benda yang berkaitan dengan rambut kepala seperti sisir, handuk, jilbab, topi, dan benda lainnya sebelum anda mengetahui apakah orang lain yang memakainya mempunyai kutu rambut atau tidak.
  4. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan rambut kepala anda, pastikan anda selalu menggunakan shampo atau bahan alami untuk merawat rambut anda. Tapi jangan menggunakan shampo setiap hari karena hal tersebut malah dapat merusak kesehatan rambut anda.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang dapat anda coba. Bagi anda yang mempunyai kutu rambut dan merasa gatal di kulit kepala sebaiknya jangan digaruk terlalu keras karena akan menyebabkan luka iritasi pada kulit kepala anda. Segera lalukan cara diatas untuk membasmi kutu rambut dan telurnya tersebut. Demikian sedikit informasi mengenai cara menghilangkan kutu rambut secara alami ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda.