7 Tumbuhan Unik Tak Normal

1. Pohon Kelapa Bercabang
Pohon kelapa yang ditanam di kompleks Pondok Pesantren Al-Barnawi di Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban bercabang 9. Pada kondisi normal, pohon kelapa memiliki 1 cabang yang tumbuh lurus keatas. Kondisi abnornal memang dapat  dijumpai pada pohon kelapat, biasanya bercabang 2, 3 dan rekor cabang terbanyak adalah kelapa bercabang 41, di Patrajasa Bali Resort yang mendapat rekor MURI sebagai kelapa bercabang terbanyak di Indonesia.
48302bb938d28
2. Semangka Kotak
Semangka tampilan alaminya selalu bulat seperti bola. Tetapi semangka yang ditanam  di prefektur kagawa kota Zentsuji, di pulau Shikoku, Jepang ini berbentuk sangat unik, berbentuk segi empat atau kotak. Semangka ini merupakan hasil buatan petani berusia 84 tahun . Ia berhasil menciptakan semangka segi empat atau square watermelon ini lebih dari 30 tahun silam. Teknik Pembuatannya yaitu dengan membungkus buah yang sedang bekembang dengan kotak yang terbuat dari kaca sejenis dengan kaca mobil. Di Jepang 1 buah semangka kotak harganya dapat mencapai 2000 yen (Rp.160.000) untuk kualitas biasa. Dan untuk kualitas yang bagus, dihargai sekitar 4000 yen (Rp.320.000).
 
bbsemangkactt
3. Buah Apel  Dwi Warna
Di lahan pertanian Colaton Relaigh, Devon, Inggris, ditemukan buah apel yang diduga hasil mutasi. Ken Morrish , seorang petani yang menanam apel tersebut, mengaku tidak menyangka apel yang ditanamnya berwarna separuh hijau dan separuh merah, dengan garis pemisah tepat di tengahnya. Hasil observasi yang dilakukan seorang pakar buah dan tanaman dari taman Wisley di Surry, Inggris, Jim Arbury, mengatakan apel tersebut merupakan hasil mutasi genetika secara acak. Hasil mutasi ini dikenal dengan nama Chimera, dimana satu dari dua sel pertama tumbuh secara berbeda.
 
4. Budha pir
Buah pir yang unik ini memiliki bentuk menyerupai Biksu Budha. Budha pir dibuat dengan teknik yang sangat mirip dengan pembuatan semangka kotak, yaitu dengan menggunakan cetakan transparan. Hao Xianzhang seorang petani dari provinsi  Hexia, di Hebia, sebelah utara China ini menghabiskan waktu selama 6 tahun untuk menyempurnakan tehnik membentuk buah pir menjadi patung Budha mini.
5. Romanescu
Sebenarnya memasukkan romanescu dalam golongan “Tumbuhan Unik Tak Normal” kurang tepat , namun karena unik dan belum banyak orang yang tahu maka saya ikut sertakan dalam artikel “7 Tumbuhan Unik Tak Normal” ini. Romanescu (Brassica oleracea) adalah brokoli hibrida yang di kembangkan  di Italia  pada abad keenam belas. Brokoli ini memiliki bentuk yang sangat unik serta kaya akan vitamin C, serat dan karotenoid.
6. Tanaman Botol
Salah satu teknik pembudidayaan unik adalah pembudidayaan tanaman dalam botol. Uniknya, tanaman botol hanya disiram sekali dalam kurun waktu 53 tahun, karena tanaman membentuk ekositem sendiri dan air didapatkan dari proses fotosintesis. Tanaman ini berkembang layaknya tanaman dalam pot pada umumnya. Salah satu pemilik tanaman botol, adalah Latimer (80) daru AS. Salah satu tanaman yang ia punya spiderworts (atau Tradescantia) terlihat tumbuh dengan dedaunan yang lebat dan segar.
tanaman botol
7. Tomat Anti Busuk
Tomat Flavr Savr merupakan tomat hasil rekayasa genetika yang memiliki shelf-life lama yang diciptakan dengan menyisipkan gen antibeku dari ikan Flounder ( jenis ikan Antartika) ke dalam gen tomat. Ikan Flounder mempunyai gen antibeku yang disebut dengan gen antisenescens yang dapat menghambat enzim polygalacturonase (enzim yang mempercepat kerusakan dinding sel tomat). Hasilnya, Tomat Flavr Savr buahnya lambat masak sehingga mampu bertahan lama ketika disimpan untuk diekspor ke daerah lain dan mengurangi biaya pengemasan karena tidak membutuhkan alat pendingin.
Sumber:
http://surabaya.detik.com/read/2009/06/05/095701/1143139/475/pohon-kelapa-bercabang-9 http://www.plantamor.com/index.php?plantrecords=yes&n=1&p=1&s=1&t=m http://uniknya.com/2012/04/02/uniknya-buah-apel-memiliki-dua-warna-berbeda