Google Akan Meluncurkan Domain.LOL Untuk Situs Lucu


Domain merupakan alamat suatu situs di internet. Jika kita ingin berkunjung ke situs tertentu, seperti facebook, tentu kita harus mengetik www.facebook.com untuk masuk kesana. Nah .COM merupakan salah satu domain diantara banyak domain di dunia.
Perusahaan raksasa internet Google mengumumkan lewat blognya bahwa Google telah melayangkan aplikasi untuk penggunaan domain baru ke Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN bertugas, salah satunya, adalah mengatur nama-nama domain di dunia internet.
Domain baru yang diluncurkan olehnya adalah .google, .youtube, .doc dan .lol. Dalam blog resminya, Google menulis pada tahun 2016 diperkirakan setengah dari masyarakat dunia akan menggunakan internet, namun hanya 50% saja situs yang dikunjungi adalah top-level domain (TLD) .COM. Domain ini ditemukan pertama kali tahun 1984.
Walaupun peluang besar di depan mata dengan semakin banyaknya pengguna internet, namun ada pertanyaan tersisa tentang keragaman ruang domain yang ada, mengingat bahwa jumlah TLD hanya meningkat sebesar 14 dalam 28 tahun terakhir. Dengan permintaan Google ini, ICANN pada bulan Juni akan mengumumkan domain mana saja yang akan ditambahkan dalam TLD yang sudah ada, diantaranya “.com” dan “.gov.”
Google bertujuan untuk menumbuhkan jumlah TLDs dalam empat kategori, seperti merek dagang (seperti .Google), yang berkaitan dengan bisnis inti (.Docs), yang yang meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan identifikasi suatu kelompok tertentu (.youtube) dan sesuatu yang menyenangkan atau lucu (.lol).
Dengan adanya domain baru ini, Google berprinsip tetap akan menjaga keamanan web dan pencegahan atas penyalahgunaan. "Kami baru saja memulai mengeksplorasi tentang potensi sumber inovasi di web, dan kami penasaran untuk melihat bagaimana TLD baru di lingkungan TLD yang telah ada," kata Google dalam blognya.
Selain itu, dengan membuka lebih banyak pilihan untuk nama domain internet, Google berharap orang akan menemukan pilihan yang lebih beragam untuk berselancar di dunia cyber.
Dari keempat domain tadi, mana yang Anda pilih?